RAPAT KOORDINASI TPPS DAN BIMBINGAN TEKNIS PENILAIAN KINERJA 8 AKSI KONVERGENSI PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING TAHUN 2023

Jayapura, 07-24-2023

Salah satu permasalahan yang juga terjadi hingga saat ini di papua adalah Stunting atau yang sering disebut kerdil. Ini menggambarkan kondisi gagal tumbuh pada anak akibat gangguan atau terhambatnya penyerapan gizi menahun.  Permasalahan Stunting di Provinsi Papua menjadi salah satu fokus program bidang kesehatan, guna mengantisipasi kondisi gizi kronis yang mengakibatkan anak tumbuh dengan kondisi yang tidak maksal Hal ini harus menjadi perhatian pemerintah provinsi Papua sekaligus menjadi focus  untuk menyusun program dan kegiatan yang bertujuan menangani dan mencegah stunting terjadi pada anak-anak. Papua harus terbebas dari stunting guna menciptakan anak-anak papua yang cerdas, sehat dan berkembang.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi dan menangani Stunting, Pemerintah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting dan Bimbingan Teknis kepada Tim Penilai Kinerja Pemerintah Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan konvergensi percepatan penurunan Stunting yang berlangsung selama 3 hari (20-22/7/2023). Kegiatan ini dibuka oleh Plh. Sekda Papua. Beliau menyampaikan apresiasi dan berterima kasih atas pelaksanaan agenda penting dan strategis, sebagai forum untuk mewujudkan kepedulian dan komitmen pemerintah daerah dalam rangka penanganan dan pencegahan Stunting tahun 2023 di provinsi Papua. prevalensi Stunting Provinsi Papua dari hasil Survey Status Gizi Indonesia (SSGI)  tahun 2022 menunjukan angka 34,6 ( masih 29 kabupaten/kota).

Tujuan utama dilaksanakannya rapat koordinasi TPPS dan bimbingan teknis tim penilaian adalah untuk  memfasilitasi dan mengkoordinasikan pelaksanaan program percepatan penurunan Stunting yang menjadi urusan masing-masing OPD seperti yang tertuang dalam Perpres 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting serta memperkuat peran fungsi bimbingan dan pengawasan program kegiatan dimana TPPS  lebih memahami tugas dan fungsinya, memiliki komitmen, membantu memfasilitasi perencanaan, pelaksanaan, monitoring,evaluasi, memberikan rekomendasi dan penghargaan kepada kinerja kabupaten/kota dalam pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi.

Diharapkan dari terselenggaranya kegiatan ini menghasilkan rencana, program, kegiatan yang tepat dan dapat diaplikasikan dengan baik sehingga Stunting ini dapat ditangani dan dicegah agar anak-anak dapat bertumbuh dengan sehat dan menjadi penerus untuk memajukan Papua dimasa depan

Kontak Info

Bapperida Provinsi Papua
Jl Soa Siu Dok II Bawah Kompleks Kantor Gubernur Jayapura - Papua - Indonesia
Email : info@bappeda.papua.go.id