PELAKSANAAN MONITORING DAN EVALUASI MELALUI SISTEM TP2K (TIM PENGENDALIAN PROGRAM DAN KEGIATAN)

Jayapura, 07-10-2023

Pelaksanaan program dan kegiatan didalam APBD harus dipantau melalui monitoring dan evaluasi. tentunya, dengan cara yang dapat mempermudah pelaksanaan monitoring dan evaluasi tersebut. Maka dari itu, terbentuklah aplikasi TP2K atau dengan kepanjangan tim pengendalian program dan kegiatan

TP2K juga menjadi solusi terhadap pelaksanaan tugas dan tanggung jawab Gubernur Papua dalam memantau, mengendalikan dan mengevaluasi program dan kegiatan dalam APBD.

Setiap SKPD dapat melaporkan program realisasi fisik dan anggaran program dan kegiatan. Aplikasi TP2K ini terus melakukan pengembangn atau upgrade yakni menambah fitur-fitur yang sangat membantu pelaksanaan monitoring dan evaluasi. apabila ada kendala pengoperasian sistem TP2K, maka tim dapat meminta realisasi anggaran dari masing-masing skpd pada bagian keuangan yang dapat dilihat pada aplikasi simda ataupun sistem fmis.

Melalui hasil monitoring meja dapat ditemukan kendala-kendala yang ditemukan oleh SKPD sebagai berikut pertama belum memahami dengan baik pengoperasian sistem aplikasi TP2K versi terbaru dengan baik, kedua untuk kegiatan SKPD yang menggunakan dana otsus banyak kegiatan belum berjalan karena menunggu pencairan dana otsus, ketiga untuk SKPD yang melakukan kegiatan lelang umum, banyak yang belum berjalan sesuai jadwal dikarenakan proses penyiapan dokumen-dokumen kegiatan yang sering terlambat dan juga proses perencanaan, pengawasan berjalan di tahun anggaran yang sama dengan proses pelaksanaan sehingga mengakibatkan kegiatan tender/ lelang banyak mengalami keterlambatan dalam melaksanakan kegiatan.

Kontak Info

Bapperida Provinsi Papua
Jl Soa Siu Dok II Bawah Kompleks Kantor Gubernur Jayapura - Papua - Indonesia
Email : info@bappeda.papua.go.id