Pendampingan Finalisasi Renstra dan Penyusunan Renja Tahun 2020

Admin Jayapura, 04-21-2020

Dalam rangka finalisasi Rencana Strategi dan Penyusunan Rencana Kerja SKPD tahun 2020, Bappeda menyelenggarakan kegiatan pendampingan kepada SKPD selama 2 (dua) hari ; Senin-Selasa tanggal 1-2 April 2019 di Ruang Rapat lantai I Bappeda Provinsi Papua yang dihadiri oleh seluruh SKPD terkait, pada pukul 10.00 WIT. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman tentang tata cara penyusunan dokumen perencanaan untuk  menghasilkan dokumen perencanaan yang dapat tepat sasaran. 

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Bappeda Adolof Kambuaya, SH.,M.Si yang dihadiri oleh seluruh SKPD. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa dalam merancang Rencana Strategi SKPD perlu disusun program rencana kerja untuk tahun 2020 karena akan menjadi dasar dalam penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah. Bappeda dalam hal ini akan terus mendampingi sampai tahap finalisasi kemudian diinput ke dalam sistem e-PPR (Papua Pu Rencana). Kegiatan ini dipandu oleh Tim Ahli dan Para Kepala Bidang di Bappeda Provinsi Papua. Tentus aja, ada pemaparan materi mengenai renja terlebih dahulu oleh Kepala Pusdalisbang, Andry, SIP.M.Si. materi yang disampaikan terdiri dari Konsistensi dan Integrasi Penyusunan Renja SKPD, Integrasi Dokumen Perencanaan dan Penganggaran, Keterkaitan Tahap Penyusunan RKPD dan Renja SKPD, dll.

Rencana strategi SKPD merupakan dokumen perencanaan tentang kebijakan, program, Visi dan Misi maupun tujuan terkait pembangunan. Selanjutnya Rencana kerja SKPD juga merupakan dokumen perencanaan SKPD terkait kebijakan, kegiatan, program pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah tentunya yang juga bisa melibatkan partisipasi masyarakat untuk periode 1 (satu) tahun. Renstra pun disusun berdasarkan fungsi dan tugas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)

Dengan pendampingan kegiatan ini diharapkan SKPD mampu menyusun RENSTRA dan RENJA secara baik dan benar selama masa pemerintahan Gubernur Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Klemen Tina, kegiatan dan program bisa terarah sesuai dengan Visi Dan Misi pembangunan, serta membawa dampak yang signifikan bagi pembangunan Papua yang bangkit, mandiri dan sejahtera.(*)

Kontak Info

Bappeda Provinsi Papua
Jl Soa Siu Dok II Bawah Kompleks Kantor Gubernur Jayapura - Papua - Indonesia
Email : admin@bappeda.papua.go.id