Pembahasan URD Otsus Tahun 2019

Admin Jayapura, 04-21-2020

Pembahasan URD Otsus 2019 dilaksanakan pada tanggal 23-24 September 2019, bertempat di lantai I Ruang rapat bappeda provinsi papua. Acara dibuka oleh Kepala Bappeda Yohanes Walilo, S.Sos.,M.Si. Kabupaten-kabupaten yang menjadi peserta adalah 29 Kabupaten/Kota. Ada 26 kab/kota yang ikut serta dalam pembahasan ini dan 3 kabupaten yang tidak hadir dalam pembahasan ini, antara lain Jayawijaya, Yalimo dan Tolikara. Penyebab ketidakhadiran kabupaten-kabupaten ini dikarenakan stabilitas kondisi yang belum aman semenjak pasca kerusuhan akibat demo anarki sebagian orang di Jayawijaya, sehingga penerbangan tak beroperasi, namun tetap menyusul pembahasan diwaktu yang lain.

Kepala Sub Bidang Otsus, Jull Eddy Way, S.Sos menyatakan tanggapannya yakni konsisten dan kewajaran itu dirumuskan dalam tugas bagi asistensi, agar didapati usulan yang sesuai antara perencanaan dan penganggaran bahkan sampai dengan belanjanya dan emudian akan ditindaklanjuti dengan adanya evaluasi dan monitoring meja.

Beliau juga menambahkan tentang respon lainnya dengan mengarahkan kabupaten kota sebelum pembahasan urd wajib melakukan dua hal. Pertama asistensi dan kedua konsultasi. Asistensi dilakukan untuk mengganti dan membantu peran, mengendalikan skpd kab kota yang akan menerima dana otsus dan diarahkan, yang setelah itu hasilnya langsung dikonsultasikan oleh kepala daerah untuk mendapat pengakuan dan dokumennya diserahkan ke Provinsi. Di Provinsi, kita melakukan dua hal yakni konsistensi dan kewajaran pengukurannya. diharapkan dengan dua hal ini didapatkan usulan yang sesuai antara perencanaan dan penganggaran sampai pada belanja.

Adapun tantangan-tantangan yang dihadapi oleh tim dalam rangka pembahasan urd otsus ini antara lain konsolidasi pembahas provinsi belum terjalin dengan baik, masih terjadi bantahan bantahan terhadap usulan yang bersifat given dari Provinsi kepada kab/kota. Given adalah arahan program/kegiatan, bahkan anggaran. Provinsi telah mengarahkan program/kegiatan bahkan anggaran, namun pada saat pembahasan provinsi cendrung sering membantah dihadapan teman teman kab/kota.

Harapan kedepan adalah tercipta/ terkondisikan kembali konsolidasi terhadap given provinsi, mempertegas ukuran sebagai asisten yang adalah asistensi, konsisten dan kewajaran usulan.

Sebagai informasi bahwa musrembang otsus 2020 akan dilaksanakan pada tanggal 25-27 november 2020 di Hotel Aston Jayapura.(*)

Kontak Info

Bappeda Provinsi Papua
Jl Soa Siu Dok II Bawah Kompleks Kantor Gubernur Jayapura - Papua - Indonesia
Email : admin@bappeda.papua.go.id