Kick Off Penyusunan Dokumen Perencanaan RPJMD

Jayapura, 04-20-2020

RPJMD adalah sebuah dokumen perencanaan pembangunan daerah selama 5 tahun (2019-2023) yang berisikan tentang visi misi, perencanaan, strategi maupun pencapaian Kepala Daerah terpilih, juga memuat kebijakan maupun capaian yang menitikberatkan kepada sumber daya manusia, perekonomian, pembangunan infrastruktur maupun juga kesehatan secara menyuluruh yang bersifat transparan, aktif , dan memberikan pemahaman serta langsung menjawab kebutuhan masyarakat. Kepala Daerah harus mampu menjabarkan secara detail yang dituangkan didalam dokumen RPJMD, agar pembangunan (infrastruktur dan sumber daya manusia) dapat direalisasikan dan tepat sasaran. Penyusunan RPJMD Provinsi Papua yang perlu diselaraskan dengan RPJMN sehingga apa yang tertuang dalam RPJMD juga sejalan dengan tetapan RPJMN.

Proses kegiatan orientasi penyusunan RPJMD dilaksanakan pada tanggal 6 september 2018 di hotel Aston, dibuka oleh Sekretaris Daerah Papua T.E.A. Hery Dosinean, S.IP., M.KP., M.Si dan dihadiri oleh Pejabat Tinggi Pemda Provinsi Papua. Pada pernyataannya beliau menyampaikan “penyusunan RPJMD harus terintegritas dengan RPJMN dan tak membias hanya karena kepentingan-kepentingan yang bisa menghambat pelaksanaan pemerintah pusat serta integrasi juga harus terjadi pada pemerintah kab/kota dan provinsi sehingga terarah, visi dan misi gubernur bisa terwujud yaitu papua bangkit, mandiri dan sejahtera yang berkeadilan.

Penyampaian aspirasi, pendapat, data maupun pengalaman dilapangan menjadi salah satuan acuan atau tolak ukur dalm penyusunan RPJMD ini.  Keterlibatan tokoh masyarakat, pemerintah daerah, maupun juga aktivis yang mendukung pembangunan visi dan misi Kepala Daerah Provinsi Papua berperan aktif. Bappeda Provinsi Papua memfasilitasi para pendukung pambangunan ini dalam pertemuan konsultasi publik yang dilaksanakan pada tanggal 2 november 2018 di Timika dan Merauke. Dihadiri oleh seluruh instansi pemerintah, tokoh masyarakat dan aktivis/mitra pembangunan yang tersebar di 5 wilayah adat. Adanya konsultasi publik ini bertujuan menampung segala aspirasi serta mendapatkan mengevaluasi program dan kegiatan yang didasari oleh RPJMD sebelumnya.

Tidak hanya sampai konsultasi publik, bappeda juga menyelenggarakan Musrenbang RPJMD yang dilaksanakan pada 6 desember 2019 di hotel aston jayapura dan dihadiri oleh instansi terkait di Provinsi dan Kabupaten kota. Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh kesepakatan tujuan dan sasaran rpjmd maupun strategi dan program pembangunan daerah dalam rancangan RPJMD.

Rangkaian proses rancangan RPJMD berlanjut pada fase pelaporan rancangan RPJMD Provinsi Papua pada kegiatan yang berlangsung pada tanggal 22 Maret 2019 di kantor Kementerian Dalam Negeri Jakarta sebagai tindaklanjut pemintaan  Kemendagri terkait evaluasi dan konsultasi RPJMD Provinsi Papua.(*)

Kontak Info

Bappeda Provinsi Papua
Jl Soa Siu Dok II Bawah Kompleks Kantor Gubernur Jayapura - Papua - Indonesia
Email : admin@bappeda.papua.go.id