Kick Off 362 Hari PON XX Papua Tahun 2021

Admin Jayapura, 11-23-2020

JAYAPURA | Kick Off 362 hari menjelang dimulainya PON XX Papua tahun 2021 diawali dengan agenda peresmian Stadion Utama PON yang bernama Stadion Lukas Enembe, Bandar Udara Dortheys Hiyo Eluay yang sebelumnya Bandara Sentani dan peluncuran buku data orang asli Papua pada Sabtu 23 Oktober 2020 berlangsung secara aman dan terkendali.

Kegiatan ini dilakukan secara virtual dengan penjagaan ketat dan juga menerapkan protokol kesehatan namun tetap dikemas dengan sangat meriah.

Rentetan kegiatan ini diawali ibadah pengucapan syukur dan akhir dari acara ini adalah hitung mundur pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan berlangsung pada tanggal 02 s/d 15 Oktober 2021 di Provinsi Papua.

’’Momentum peresmian venue PON dan penamaan Stadion Lukas Enembe yang merupakan stadion terbesar kedua se-Indonesia ini, termasuk hitung mundur 362 hari pelaksanaan PON XX tahun 2021 membuktikan bahwa Provinsi Papua yang tunjuk sebagai tuan rumah telah siap menyelenggarakan event empat tahunan tersebut.’’ tutur Gubernur Lukas Enembe

Gubernur mengharapkan dengan hadirnya venue olahraga yang dimiliki saat ini menjadikan motivasi bagi para atlet untuk terus berjuang meraih prestasi gemilang di PON Papua nantinya.

“Membentuk sistem pembinaan melalui Pusat Latihan Provinsi (Puslatprov) sejak 2018 lalu, memberikan dukungan layanan kepada atlet dan pelatih saat menjalani pemusatan latihan terpusat. Sebab saat ini ada sebanyak 1.227 atlet yang ikuti program TC terpusat yang turun pada 37 cabang olahraga, 56 disiplin, dan 579 nomor tanding. Terima kasih Bapak Gubernur Lukas Enembe yang dengan membuat perubahan melalui pembangunan manusia olahraga baik saat ini dan generasi yang akan datang. Stadion berkapasitas 40.000 penonton ini, bukan hanya tempat seremonial PON, namun sebagai laga final Sepakbola Papua dalam meraih medali emas” kata Sekretaris Umum KONI Papua Kenius Kogoya.

Ditambahkan Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Papua, Alexander Kapisa, ST yang menjelaskan bahwa pembangunan venue dibangun menggunakan anggaran APBN melalui Instruksi Presiden. Sedangkan ada 9 (Sembilan) venue yang dibiayai anggaran APBD Provinsi yakni GOR STT Gidi, Venue Menembak Indoor di kawasan Stadion Lukas Enembe, Venue Menembak Outdoor di Doyo Baru, Lapangan Softball/Baseball di Uncen dan kawasan AURI Silas Papare, GOR Voli di Koya Koso, Lapangan Tenis di kawasan Kantor Walikota Jayapura dan GOR Arena Futsal di Timika, serta Stadion Utama Lukas Enembe.

 

’’GOR STT Gidi akan mempertandingkan cabor kempo dan muaythai dengan anggara sebesar Rp 86 miliar lebih dan berkapasitas 5.000 penonton, menembak indoor berkapasitas 500 penonton menelan anggaran Rp 98 miliar lebih dengan ada mess atlet dengan 250 tempat tidur, lapangan softball/baseball di AURI Kabupaten Jayapura berkapasitas 1.500 orang dengan anggaran Rp 159 miliar, lapangan softball/baseball Uncen Kota Jayapura berkapasitas penonton 5.000 orang, venue voli Koya Koso dengan anggaran Rp 357 miliar yang mempertandingkan cabor voli indoor dan pantai, sedangkan lapangan tenis di kawasan Kantor Walikota Jayapura menampung 3.000 orang dengan menelan anggaran Rp 169 miliar dan GOR Arena Futsal di Timika berkapasitas 5.000 penonton dengan anggaran Rp77 miliar.’’tutur Alexander Kapisa

Kontak Info

Bappeda Provinsi Papua
Jl Soa Siu Dok II Bawah Kompleks Kantor Gubernur Jayapura - Papua - Indonesia
Email : admin@bappeda.papua.go.id