Finalisasi Renja SKPD Tahun 2020

Admin Jayapura, 04-21-2020

Rencana Kerja SKPD sudah melalui tahapan finalisasi dengan dilaksanakannya pertemuan finalisasi rencana kerja SKPD yang diselenggarakan pada ruang rapat Bappeda lantai 1, hari jumat 13 september 2019 pukul 09.00 WIT. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bappeda Provinsi Papua yaitu Bapak Yohanes Walilo., S.Sos., M.Si, beliau menyampaikan agar SKPD segera menyelesaikan penyusunan perubahan 2019 yang sedang berjalan. Sehingga penyusunan perubahan APBD induk 2020 juga bisa cepat dilaksanakan bersama anggota DPRP yang lama agar tidak terjadi keterlambatan, mengingat pelantikan DPRP seluruh indonesia akan segera dilaksanakan pada 30 oktober 2019 mendatang. 

Beliau juga menghimbau agar penyusunan Renstra disusun berbasis visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur periode kedua ini, seperti halnya RPJMD yang telah sinkron dengan visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Papua.  Pertemuan tersebut juga terdapat beberapa usulan baru, maka beliau mengarahkan agar usulan tersebut dibahas pada bidang masing-masing terlebih dahulu sebelum diserahkan ke kepala pusat data. Ada juga arahan dari Gubernur yang mengharapkan dimasa kepemimpinannya pada periode kedua ini, program dan kegiatan yang besar dapat diketahui oleh masyarakat di Papua karena terkait pembangunan infrastruktur untuk kepentingan orang banyak dalam jangka waktu yang lama dan akan diresmikan secara simbolis oleh Gubernur Papua sendiri. Tugas dan tanggung jawab bersama semua SKPD yaitu menerjemahkan kemauan gubernur, maka apabila usulan/ arahan sudah berjalan namun pada prosesnya terjadi kesalahan teknis maka tugas SKPD untuk menyampaikan hal tersebut kepada pimpinan dengan memberikan alasan yang jelas.

Dalam waktu 1 tahun kedepan agenda nasional yaitu PON 2020 akan segera terlaksana, maka harus ditinjau kembali namun kegiatan untuk PON dan kegiatan rutin SKPD akan tetap berjalan. Beliau juga menambahkan bahwa himbauan dari gubernur  untuk seluruh kepala SKPD Provinsi Papua untuk lebih pro aktif atau jemput bola terkait dana yang ada di kementerian/ lembaga dengan cara membuat proposal terkait program/ kegiatan di provinsi dan tidak berharap hanya pada pendapatan daerah seperti DAU, dana Otsus, DAK maupun dana hibah.

Kepala Pusdalisbang-Bappeda Provinsi Papua Andry., SIP., M.Si menyampaikan beberapa SKPD yang belum mengumpulkan dokumen Renstra. Beliau juga menghimbau agar semua SKPD yang ada kegiatan mendukung PON harus ada dalam daftar kegiatan Renstra dalam mengantisipasi audit dikemudian hari, terlebih kegiatan dengan kebutuhan anggaran yang besar.

Maka dari pertemuan Finalisasi Renja tersebut dapat disimpulkan dalam beberapa poin penting seperti memperbaiki Renja sesuai dengan catatan pembahasan Renja, menyesuaikan sumber dana, mengisi dan melengkapi indikator mulai dari 2017 sampai dengan 2019 dan batas pengumpulan Renja yaitu pada tanggal 18 september 2019.(*)

Kontak Info

Bappeda Provinsi Papua
Jl Soa Siu Dok II Bawah Kompleks Kantor Gubernur Jayapura - Papua - Indonesia
Email : admin@bappeda.papua.go.id