Bimbingan Teknis : Pengelolaan Data Untuk Perencanaan Pembangunan Kab. Keerom.

Jayapura, 11-14-2020

JAYAPURA – Bappeda Kabupaten Keerom mengikuti bimtek pengelolaan data untuk perencanaan pembangunan yang difasilitasi oleh Bappeda Provinsi Papua.

Bimtek ini digelar di kantor UPTB Pusdalisbang Bappeda Papua pada 5-6 November 2020. Kegiatan ini bertujuan agar ASN Bappeda Keerom dapat meningkatkan kemampuan dalam mengelola data dalam rangka perencanaan pembangunan di daerahnya. Bimtek secara langsung dibuka oleh Kepala Pusdalisbang Andry, SIP.,M.Si yang selanjutnya menjadi narasumber utama. Turut hadir juga sebagai narasumber Kepala Seksi Data dan Analisa Pembangunan Merlyn Hamadi, SE.,MM. Dalam Bimtek ini ikuti oleh 7 ASN Kabupaten Keerom yang terdiri dari Bappeda dan Dinas Infokom.

“Perencanaan pembangunan itu didasarkan pada data dan informasi, sehingga ketersediaan data menjadi sangat penting dalam menentukan arah pembangunan kedepan dan data sebagai indikator dalam sistem informasi pembangunan’’ tutur Andry, SIP.,M.Si

Data dan informasi mencakup kondisi geografis, demografis, potensi sumber daya, ekonomi dan keuangan, kesejahteraan masyarakat, pelayanan umum, daya saing serta data dan informasi yang dimuat dalam dokumen perencanaan lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Pada kesempatan yang sama Merlyn Hamadi, SE.,MM menjelaskan tentang pentingnya forum data dan informasi pembangunan dalam mewujudkan Papua Integrated Satu Data untuk memenuhi kebutuhan data berkualitas sebagai acuan perencanaan pembangunan daerah.

’’Tantangan kita saat ini adalah ketersediaan data perencanaan pembangunan yang tersebar di instansi sektoral sehingga sulit diakses secara cepat dan kesenjangan data atau terbatasnya dukungan data informasi yang lengkap, valid dan update untuk mendukung perencanaan pembangunan’’ lanjutnya.

Kontak Info

Bappeda Provinsi Papua
Jl Soa Siu Dok II Bawah Kompleks Kantor Gubernur Jayapura - Papua - Indonesia
Email : admin@bappeda.papua.go.id